MEDIACREATIVE.ID – MAKASSAR,- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar sukses meraih peringkat pertama dalam kategori Booth Terbaik di Jogja Trade Expo ke-3 yang berlangsung, City Mall, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Acara yang dihelat dengan tema “Peningkatan Peluang Investasi, Pariwisata, dan Perdagangan” ini diikuti oleh berbagai kota besar dari seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, Magelang, Pasuruan, Pacitan, Kebumen, Semarang, dan Makassar.
Dalam expo tersebut, Bappeda Kota Makassar melalui Bidang Ekonomi dan SDA yang dipimpin oleh Dr. A. Ato Rakhmawan, S.IP., S.AP., M.AP., memperkenalkan sejumlah inovasi unggulan yang diharapkan mampu menarik minat investasi ke kota yang dikenal dengan julukan “Kota Daeng” tersebut.
Di antaranya adalah MACCA, Lorong Wisata, Kota Makan Enak, dan Makassar Government Centre, yang menjadi proyek strategis untuk pengembangan ekonomi dan pariwisata Makassar.
Selain peluang investasi, Bappeda juga memamerkan berbagai produk UMKM dari Makassar, seperti kopi, markisa, aksesoris, dan produk pangan lainnya yang merupakan hasil dari inovasi Appakabaji dan Inkubator Centre.
Produk-produk ini merupakan wujud dari upaya kolaboratif berbagai SKPD dan stakeholder terkait untuk membina dan mengembangkan usaha mikro kecil menengah di Makassar.
Keberhasilan Makassar meraih peringkat pertama dalam kategori Booth Terbaik tak lepas dari keunikan dan inovasi yang ditampilkan.
Dengan konsep inovatif dan kreatif, stand Kota Makassar mampu mengalahkan pesaingnya, yakni Kebumen yang berada di peringkat kedua dan Kota Baru di posisi ketiga.
Kehadiran Makassar di Jogja Trade Expo ini diharapkan mampu meningkatkan investasi jangka panjang, sekaligus memperkenalkan produk-produk khas dari Makassar yang terkenal dengan pendekatan “Sombere dan Smart City”. Expo ini menjadi momentum penting bagi Kota Makassar untuk memperluas jaringan dan mempromosikan potensi besar yang dimiliki, baik dari sektor perdagangan, pariwisata, maupun investasi. (*)